10 November Memperingati Hari Apa ?

APA DAN SIAPA – tanggal 10 November merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia pasalnya pada tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan.

Peringatan hari pahlawan 10 November diambil dari peristiwa pertempuran besar antara tentara Indonesia yang melawan tentara inggris

Peristiwa 10 November menjadi salah satu pertempuran pertama dengan pasukan penjajah setelah kemerdekaan. Selain itu peristiwa tersebut juga menjadi peristiwa pertempuran Surabaya dan menjadi sejarah pertempuran terbesar dalam sejarah revolusi Indonesia.

Baca Juga:   Pemutaran Ulang Film G30S PKI di Televisi Jadi Pengingat Sejarah Kelam Bangsa Indonesia

Hari pahlawan ini dirayakan setiap tahun untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah melawan mengusir penjajah dari bumi Indonesia, dan puncaknya yang terjadi di Surabaya tahun 1945 tersebut membuuat banyak korban berjatuhan.

Selain itu hari pahlawan juga tidak hanya sekedar diingat pada tanggal 1- November saja , namun lebih dari pada itu untuk menanamkan nilai nila kepahlawaan kepada generasi muda dimasa sekarang.

Baca Juga:   Sempat Kebakaran: Begini Sejarah Balai Kota Bandung, Dulunya Gudang Kopi

Hari pahlawan merupakan hari nasional yang ditetapkan pemerintah Indonesia dan diperingati pada tanggal 10 November serta dilatar belakangi dengan peristiwa pertempuran Surabaya.

Peristiwa pertempuran Surabaya inilah yang kemudian menjadi symbol kekuatan serta perlawanan atas hak kemerdekaan Indonesia yang hendak direnggut kembali oleh tentara britania raya raya dan belanda pada saat tiga bulan setelah kemerdekaan di proklamirkan.

Baca Juga:   Wajib Diketahui, 3 Tanaman Hias Ini Dipercaya Bisa Membawa Keberuntungan

Sebuah peristiwa yang terkenal dalam pertempuran ini adalah pidato dari Bung Tomo yang Menggerntarkan “Merdeka atau Mati”

Peristiwa ini kemudian menginspirasi dan menjadi momen bersejarah bangsa Indonesia sehingga pemerintah Indonesia mengukuhkan bahwa tanggal 10 November sebagai hari pahlawan melalui Keppres No.316 tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.***

Editor: