Cara Gampang Belajar Bahasa Asing melalui Film

APA DAN SIAPA – Di era society 5.0 ini, menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris menjadi hal yang penting. Namun, dengan banyaknya konjungsi dan kosakata membuat para pelajar mengalami kesulitan menemukan cara yang efektif dalam belajar.

“Saat belajar bahasa Inggris, kosakata yang banyak dan kurang fasih dalam membacanya membuat saya sesekali menghentikan ke konsistenan saya dalam belajar bahasa” Ujar Lutfi Firmansyah Mahasiswa UIN Bandung.

belajar bahasa Inggris tidak hanya bisa dipelajari di ruang kelas. Namun dengan berbagai cara, salah satunya adalah menonton film. Jadi tidak hanya diri kita terhibur dengan tayangan menarik dalam suatu film namun kemampuan berbahasa Inggris pun akan semakin terasah.

Baca Juga:   Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Indonesia, Begini Sejarahnya

Namun, kadang untuk mempelajarinya orang cenderung bosan karena pembelajaran yang disediakan monoton. Padahal, ada banyak cara untuk mempelajari bahasa Inggris. Menonton film berbahasa Inggris bisa menambah pengetahuan kita mengenai frasa baru yang belum pernah kita temui sebelumnya.

Selain itu, kita juga bisa menambah kosakata bahasa Inggris (vocabulary) dan bahasa gaul (slang) dari dialog yang diucapkan tokoh pada film tersebut.

Baca Juga:   Sejarah Dan Hubungan Hari Jomblo Sedunia Dengan Hari Belanja Online Terbesar Di Dunia

Dengan sering menonton film atau video berbahasa Inggris, kita akan terbiasa mendengarkan percakapan penutur asli bahasa Inggris (English native speakers). Lambat laun, hal ini akan membantu kita meningkatkan listening skill dan membuat kita mengerti apa yang sedang mereka bicarakan.

Berikut ada beberapa tips yang bisa dipraktekkan untuk belajar bahasa Inggris lewat film:

  1. Pilih genre film yang disukai dan disesuaikan dengan tingkat bahasa Inggrismu. Untuk pemula, bisa dicoba menonton film-film yang diproduksi Pixar seperti Toy Story dan Frozen.
  2. Menggunakan subtitle bahasa Inggris. Ketika sedang menonton, jangan menerjemahkan subtitle per kata. Tapi coba untuk menangkap inti atau ide pokok kalimat tersebut.
  3. Mengulangi part atau adegan yang disukai. Nah, ketika mengulanginya coba untuk mengucapkan dialog yang dikataka dan untuk melatih pelafalanmu.
Baca Juga:   Solusi Buat Pipi Tembem, Ini 3 Gerakan Sederhana Untuk Meniruskan Pipi

Itulah 3 tips untuk belajar bahasa Inggris melalui film yang bisa di terapkan dengan belajar santai . Selamat mencoba.

Editor: Faliq Taufiq