Emiliano Martinez Kiper Fantastis Yang Menorehkan Sejarah Bersama Argentina

APADANSIAPA – Timnas Argentina berhasil merengkuh trofi bergengsi Piala Dunia 2022. Setelah berhasil mengalahkan tim nasional Perancis pada partai final yang diselenggarakan Minggu, 18 Desember kemarin. Sosok Emiliano Martinez menjadi perbincangan publik di media sosial.

Pasalnya ia menjadi salah satu pahlawan kunci kemenangan timnas Argentina kemarin. Emiliano Martinez menyelamatkan sekaligus memenangkan Argentina dalam pertandingan final kemarin dengan aksi heroiknya menepis tendangan krusial pemain Prancis.

Serta, ia juga menjadi penentu kemenangan Argentina di babak adu penalti dengan memblokir satu tendangan pemain muda Prancis, Aurellien Tchouameni. Hal tersebut menjadikan Emiliano Martinez sebagai Kiper Terbaik di gelaran kompetisi itu.

Baca Juga:   Berjuluk Pendekar, Berikut Identitas Asli Joko Kendil

Keadaan tersebut melambungkan namanya sebagai kiper sepakbola yang karirnya terus meningkat akhir-akhir ini. Sebelum membawa Argentina menjadi juara dunia, ia juga telah menyumbangkan trofi Copa America serta Finalissima di periode 2021-2022.

Dilain hal ia juga menuai kontroversi sebab apa yang dilakukannya ketika menerima penghargaan kiper terbaik di ajang tersebut. Dan juga ketika melakukan perayaan gelar juara dunia ia sempat mengolok-ngolok Kylian Mbappe dengan boneka yang dipasang muka pemain muda Perancis tersebut.

Namun dari kejadian tersebut tidak mengindahkan bahwa ia merupakan salah satu kiper yang wajib diwaspadai dalam kancah karir sepakbolanya. Persembahan beberapa gelar untuk Timnas Argentina menjadi bukti bahwa ia merupakan kiper terbaik saat ini.

Baca Juga:   Kumpulan Hoaks Mike Tyson, Berikut Faktanya!

Emi Martinez saat ini membela klub asal Inggris, Aston Villa. Ia menjadi kiper utama dalam tim tersebut dengan caps 15 kali di Liga Inggris. Dengan rata-rata kebobolan di angka 1.2 serta penyelamatan ditiap laga mencapai 2.7 atau 69 persen.

Karirnya dahulu sempat terombang-ambing di klub kasta kedua hingga ketiga liga Inggris. Karena, pada awalnya ia bergabung Arsenal di tahun 2012. Lalu, ia dipinjamkan ke beberapa klub di kasta bawah kurang lebih 7 tahun hingga 2019.

Baca Juga:   Robi Darwis, Pemain Muda Persib Bandung Petarung di Lini tengah

Dan akhirnya, ia mendapatkan kesempatan bermain untuk Arsenal menggantikan kiper utama, Bernd Leno yang cedera. Dari situ karirnya mulai meningkat dengan mempersembahkan trofi Piala FA serta Community Shield bagi klub asal London tersebut.

Setelah itu, ia bergabung Aston Villa di tahun 2020 dan menjadi kiper utama serta mendapat panggilan ke skuad tim nasional Argentina. Dan hingga saat ini ia total telah memberikan 3 gelaran trofi bergengsi ke tim nasionalnya. Namanya kini harum di kalangan masyarakat Argentina karena telah membawa juara Piala Dunia yang ketiga kalinya.

Editor: Faliq Taufiq