Hari Ayah Nasional 12 November 2022, Begini Sejarahnya

APA DAN SIAPA – Sebentar lagi Hari Ayah Nasional akan segera tiba, pasalnya Hari Ayah Nasional dirayakan setiap tanggal 12 November 2022.

Hari Ayah lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Awal mula PPIP mengusulkan penetapan Hari Ayah Nasional bermula ketika peringatan Hari Ibu di Solo pada tahun 2014. Acara itu mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu dan berhasil memperoleh sekitar 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan.

Baca Juga:   Bahaya Mandi Malam, Fakta Atau Mitos?

Usai acara, panitia penyelenggara dibuat terkejut dengan pertanyaan para peserta terkait kapan akan diadakan sayembara menulis surat untuk Ayah dan kapan peringatan Hari Ayah.

Berdasarkan pertanyaan tersebut, PPIP berusaha mendapatkan informasi kepada hadirin DPRD Kota Surakarta tentang kapan Hari Ayah Nasional diperingati di Indonesia. Mereka juga menanyakan jika belum ada penetapan Hari Ayah, bolehkan seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah, tetapi tidak mendapat jawaban yang memuaskan.

Baca Juga:   Memperingati Maulid Nabi: Sejarah dan Tradisi Yang Berkembang Di Indonesia

Hingga akhirnya, setelah melalui kajian yang cukup panjang, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional.

Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan, tepat di hari dan jam yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Baca Juga:   Digigit Nyamuk Muncul Bentol dan Gatal, Yuk Disimak Penjelasannya

Usai deklarasi, mereka mengirimkan buku dan Piagam Deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan pemerintah pusat di empat pelosok Indonesia, yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.

Sejak itu dan hingga kini, setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional.***Hilmi Putriyanti***

 

 

Editor: Faliq Taufiq