Kandungan TKDN Toyota Innova Zenix Hybrid Tembus 60 Persen

APA DAN SIAPA — Pertama kali meluncur di Indonesia pada 45 tahun silam, sehingga perjalanan Toyota Kijang sudah cukup lama.

Kini Toyota Kijang yang resmi meluncur pertama di Indonesia pada 9 Juni 1977 ini melahirkan generasi ke – 7 yakni Innova Zenix Hybrid.

Menurut TAM West Java Dept Head, Andreas Fajarudin Inova generasi terbaru ini banyak mengalami penyempurnaaan di seluruh bagiannya. Termasuk platform dan fitur, kendaraan juga hadir varian hibrida atau hybrid electric vehicle (HEV).

Baca Juga:   Menghilangkan Jerawat Hanya dalam Waktu 24 Jam, Ini Tipsnya.

“Kijang Innova yaitu generasi ke-7 yang bernama Zenix ini Zenix memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 50 persen” ujar Andreas di Bandung, 24 November 2022

Andreas menuturkan, kendaraan yang diproduksi secara lokal di fasilitas pabrik milik PT Toyota Motor Manufacture Indonesia (TMMIN) di Karawang, Bekasi, Jawa Barat ini kandungan lokalnya sudah mencapai 60 persen.

Dalam pengembangan Kijang Innova Zenix, Toyota Indonesia memberikan komitmen dan perhatian penuh bagi partisipasi aktif serta penguatan kedalaman industri otomotif nasional.

Baca Juga:   Manfaat Anggur Bagi Kesehatan Yang Jarang Orang Ketahui

Disinggun mengenai penguatan Sumber Daya Manusia, Andreas menjelaskan sejalan dengan filosofi Toyota Indonesia yaitu “We Make People Before We Make Product.”

“Hal ini menjadi dasar dari pembangunan berkelanjutan sumber daya manusia di Toyota Indonesia dan di pemasok lokal Toyota Indonesia” Ujarnya.

Siap Ekspor Kesejumlah Negara

Menjawab harapan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto agar Toyota untuk mengekspor Kijang Innova Zenix. Andreas menjelaskan saat ini permintaan atau demand terhadap mobil hybrid sangat tinggi.

Baca Juga:   Pahamilah, Ini Persiapan Yang Perlu Dilakukan Saat Akan Berkemah

Sehingga ini menjadi kesempatan emas bagi Kijang Innova Zenix untuk bisa merambah negara-negara lain di berbagai belahan dunia.

“Toyota Kijang Innova Zenix tak hanya diproduksi buat pasar Indonesia. Kijang Innova dengan pilihan mesin hybrid itu juga bakal dikapalkan ke sejumlah negara pada tahun depan” ujarnya.

“Asia, Central South Amerika, dan Afrika. Nanti second step-nya GCC (negara-negara Arab), dan Timur Tengah menjadi negara tujuan ekspor Innova Zenix ini” pungkasnya. (***)

Editor: Denny Suryadharma