Kasus Covid-19 Sub-Varian Omicron XBB meningkat, PPKM level 1 Resmi di Perpanjang

APA DAN SIAPA – Perpanjangan PPKM level 1 di seluruh wilayah Indonesia diberlakukan mulai 8 November 2022 diakibatkan kasus Covid-19 yang meningkat.

Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pada 4 November 2022 kasus Covid-19 sempat tembus 5.303 dalam sehari.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 1 ini karena adanya peningkatan kasus Covid-19. Terlebih setelah munculnya varian baru Omicron XBB di Indonesia.

Baca Juga:   Polda Jabar Buru 2 Tersangka Terkait Kasus Pengeroyokan Wartawan di Karawang

Pemerintah merincikan aturan PPKM level 1 dalam inmendagri terbaru dengan kebijakan ini berlaku hingga 21 November 2022 untuk wilayah Jawa-Bali. Sementara itu untuk luar Jawa-Bali berlaku hingga 5 Desember 2022.

Dilansir dari antaranews, Kemendagri kembali menggalakkan protokol Kesehatan dan vaksinasi (booster) Covid-19 pada perpanjangan pemberlakuan PPKM Level 1 di seluruh Indonesia.

Baca Juga:   Ungkap Kasus Korupsi Pasar Pelita, 6 Polisi di Sukabumi Raih Penghargaan

“Galakkan kembali penerapan protokol Kesehatan masyarakat, maksimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan tidak kalah penting adalah terus dorong vaksinasi dosis ketiga atau booster,” ucap Safrizal, dikutip dari antaranews.

Sub-varian Omicron XBB diduga sebagai salah satu penyebab naiknya kembali jumlah kasus aktif di Indonesia, namun beberapa pakar menyebutkan sub-varian Omicron XBB di Indonesia masih relatif rendah.

Baca Juga:   Brigjen Hendra Kurniawan Resmi Dipecat Tidak Hormat

Imbauan yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan bahwa penerapan disiplin protokol Kesehatan dan vaksinasi dosis ketiga menjadi senajata ampuh masyarakat untuk melindungi diri dari ancaman sub-varian Omicron XBB.***

Editor: Faliq Taufiq