Kumpulin Sampah Bisa Jadi Uang? Yuk Simak Tips Berikut ini

APA DAN SIAPA – Beberapa hari lagi kita akan memasuki tahun 2023, Dan hingga saat ini Sampah merupakan  salah satu masalah yang melanda dunia saat ini. World Bank mencatat setidaknya terdapat 2,01 miliar ton sampah padat yang dibuang setiap tahunnya. Bahkan, 33 persen dari jumlah sampah yang dibuang tidak dikelola dengan baik sehingga mencemari lingkungan. Apabila kondisi ini terus berlanjut, diperkirakan pada 2050 jumlah sampah global akan mencapai 3,40 miliar ton. Jumlah yang cukup untuk meningkatkan berbagai macam masalah lingkungan dan kesehatan. Padahal Sebenarnya kumpulin sampah bisa jadi uang lho.

Banyak orang berpikir bahwa sampah harus dibuang karena tidak berguna. Namun, saat ini anggapan tersebut sudah tidak relevan lagi. Sebenarnya kumpulin sampah bisa jadi uang lho. ya, sampah sekarang benar-benar bisa menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Yuk simak Tips Berikut ini. 

Baca Juga:   Simak 4 Manfaat Plank Untuk Kesehatan Tubuh

Pada era digital ini, gerakan peduli lingkungan semakin gencar dengan bantuan teknologi. Salah satu buktinya adalah dengan bermunculannya aplikasi jual sampah plastik. Selain untuk melestarikan alam, kamu juga bisa mendapatkan reward berupa uang, pulsa, voucher, dan kompensasi lainnya.

Sampah plastik yang semakin menumpuk menjadi ancaman serius bagi kelestarian alam. Material plastik yang tidak dapat terurai dalam waktu lama mengandung zat kimia berbahaya yang dapat mencemari tanah. masalah sampah plastik juga menjadi masalah tersendiri bagi kelangsungan biota laut.

Sudah saatnya kita semua lebih peduli lingkungan dan melakukan aksi nyata untuk melestarikan alam. Untuk sampah non-organik, sebaiknya lakukan aksi reuse, reduce, atau recycle untuk mengurangi jumlah sampah. Kamu dapat mengelola sampah secara mandiri sesuai dengan kemampuanmu.

Baca Juga:   Hari Ayah Nasional 12 November 2022, Begini Sejarahnya

Ternyata saat ini sangat mudah untuk mengumpulkan sampah dan dapat imbalan uang, eRecycle merupakan Brand yang dimiliki oleh PT. Multi Inti digital Lestari untuk proses Penjemputan Sampah Terpilah berbasis teknologi yang diimplementasikan dalam bentuk aplikasi digital menggunakan Smartphone. 

Dengan proses melalui aplikasi ini sampah terpilah Anda akan dijemput ke rumah, lalu ditimbang secara digital, akurat, dan real time. Sampah terpilah tersebut akan kami ganti berupa reward yang dapat di donasikan kepada LSM yang bekerjasama dengan kami. Untuk saat ini jenis sampah yang dikelola adalah plastik, kertas dan botol kaca, dan kedepannya akan lebih banyak lagi jenis sampah terpilah yang siap kami daur ulang.  

Baca Juga:   Minum Teh Setiap Hari Kurangi Resiko Penyakit

aplikasi eRecycle dapat menjemput sampah yang sudah dikumpulkan. Setelah membuat order, kurir penjemput tersebut akan tiba di tempatmu dalam waktu 1-2 hari. Setelahnya dia akan mengonfirmasi jumlah dan membawa sampah tersebut pergi. 

Untuk saat ini layanan penjemputan ini hanya baru berlaku di daerah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Untuk kota-kota lainnya akan segera menyusul agar gerakan #onegreenstep, yang meski kecil tapi jika disatukan maka akan menghasilkan perubahan yang nyata untuk lingkungan hidup kita.

Editor: Faliq Taufiq