Lagi Viral Lensa Al, Aplikasi Edit Foto Canggih

APA DAN SIAPA – Aplikasi edit foto canggih yang sedang viral saat ini ialah lensa Al. sebagaimana yang telah kita ketahui, hal tersebut bisa kita buktikan dengan feed instagram ataupun Twitter yang saat ini sedang dipenuhi dengan foto bergaya Renaisans, versi anime, ataupun berbau digital.

Lensa Al merupakan Aplikasi buatan Prisma Labs yang memanfaatkan selfie dan memprosesnya dengan kecerdasan buatan untuk membuat potret dalam berbagai gaya, yang normal hingga kontroversial.

Aplikasi ini sudah ada sejak 2018, tetapi fitur “Magic Avatar” baru menarik minat penggunanya.

Baca Juga:   Memiliki Kulit Wajah Berjerawat, Begini Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar

Aplikasi ini juga bekerja dengan mengubah foto yang diunggah pengguna menjadi sebanyak 200 avatar. Lensa menggunakan Stable Diffusion, kecerdasan buatan open-source yang dapat menghasilkan gambar dari perintah teks, untuk membuat renderingnya terlihat seperti dibuat oleh seorang seniman bukan komputer.

Lensa Al menjadi Aplikasi iPhone paling populer di Amerika Serikat di iOS. Selain itu, app ini jadi pemuncak klasemen kategori foto dan video global. Meski begitu, Lensa AI belum masuk 10 besar app terpopuler di RI.

Baca Juga:   Sejarah Maulid Nabi yang Perlu Diketahui, Yuk Kita Simak

Hasil foto yang sudah diedit menggunakan kecerdasan buatan tersebut cukup menarik perhatian. Sejumlah warganet yang mengunggah hasil fotonya nyaris dapat mengubah tampilan aslinya 180 derajat.

Mulai diubah menjadi foto ilustrasi, foto kartun, foto yang cat di kanvas, menambah aksesori pada wajah, mengubah bentuk wajah, menghilangkan noda di wajah, mengganti warna rambut, mengubah pose dari gambar yang diedit, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan penyuntingan (edit) pada foto, pengguna harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa foto selfie. Namun, untuk bisa melakukan editan yang beragam dan tidak terbatas, pengguna harus terlebih dahulu membayar. Berikut adalah rinciannya.

  1. 50 avatar unik (5 variasi dengan 10 gaya berbeda): Rp 47.000
  2. 100 avatar unik (10 variasi dengan 10 gaya berbeda): Rp 78.000
  3. 200 avatar unik (20 variasi dengan 10 gaya berbeda): Rp 109.000
Baca Juga:   Sempat Kebakaran: Begini Sejarah Balai Kota Bandung, Dulunya Gudang Kopi

Itulah dia penjelasan mengenai lensa Al, Aplikasi edit foto canggih yang sedang viral.***Hilmi Putriyanti***

Editor: