Manfaat Kesehatan Mental dan Fisik dari Ketenangan

APA DAN SIAPA – Setiap hari, dunia semakin bising, apalagi yang hidup di kota metropolitan. Kita sebagai manusia tentu perlu yang namanya ketenangan. Ahli saraf menemukan dengan tepat jenis keheningan apa yang memiliki dampak paling dramatis pada kesehatan mental, meditasi terpandu, dan seberapa banyak Anda benar-benar membutuhkannya.

Organisasi kesehatan Dunia mendukung adanya ketenangan, dikatakan bahwa dunia kita terlalu berisik dan ini membahayakan kesehatan kita. Tentu saja, selama berabad-abad kita telah mengetahui pentingnya ketenangan: dalam banyak agama, keheningan dipromosikan sebagai proses penyembuhan yang vital. Tapi lingkungan yang bising membuat masyarakat bertanya-tanya apa manfaatnya mencari keheningan di zaman modern ini.

Saat ini, orang-orang mencari ketenangan di berbagai tempat. Mereka bergabung dengan biara untuk retret yang hening atau pergi ke perbukitan untuk kedamaian akhir pekan. Bahkan ada kecenderungan yang meningkat untuk menghabiskan waktu di alam bebas.

Mencari tahu apa sebenarnya kedamaian dan ketenangan bagi kesehatan mental dan fisik kita adalah ambisi sekelompok ahli saraf dan profesional kesehatan yang mulai mengungkap manfaatnya. Dengan memahami penelitian mereka, saya menemukan bahwa sedikit ketenangan mungkin penting untuk mengimbangi efek merugikan dari dunia kita yang bising. Lantas apa saja manfaat dari ketenangan, diantaranya :

  1. Fokus lebih tajam
Baca Juga:   Rekomendasi Makanan Saat Musim Hujan

Ketenangan dapat membantu kita untuk mengarahkan fokus agar lebih terkonsentrasi ke hal-hal yang penting. Dengan meditasi, kita diajarkan untuk memusatkan pikiran ke satu titik saja, sehingga dengan terbiasa melakukan meditasi, kita pun dengan lebih mudah memusatkan perhatian ke satu per satu hal yang utama dalam hidup sehari-hari.

Secara fisik, ketenangan juga meningkatkan jumlah materi abu-abu di otak kita, terutama pada area yang mengontrol emosi dan respon, sehingga fokus dan ingatan semakin tajam, sementara kemampuan menyerap informasi dan belajar semakin baik.

 

  1. Menurunkan stres
Baca Juga:   Bukan Hanya Mengaburkan Pandangan, Gas Air Mata Ternyata Dapat Akibatkan Kematian

Stres memberi pengaruh buruk pada tubuh, baik secara fisik maupun psikis, membuat kita jadi kuatir, tekanan darah naik dan kepala pusing. Bila kita stres dalam waktu lama, kesehatan kita pun dapat terganggu.

Hindari stres dan jauhkan sumber penyakit lewat relaksasi meditasi. Meditasi yang dilakukan dengan teratur dapat membantu menurunkan ketegangan di tubuh, baik itu di otot maupun pembuluh darah, serta menurunkan detak jantung menjadi stabil dan membuat otak merasa damai, nyaman dan tentram.

  1. Menghadirkan perasaan bahagia

Hasil pindai MRI di otak menyatakan bahwa otak dari individu yang bermeditasi secara teratur selama dua bulan, akan mengalami penurunan di bagian yang menandai adanya stres. Di saat yang bersamaan, bagian korteks depan otak yang dinyana berkaitan dengan sikap kita saat berinteraksi dengan orang lain dan membuat keputusan, semakin berkembang baik, sehingga meditasi pun dikaitkan dengan terapi pengendalian stres.

  1. Kualitas tidur membaik
Baca Juga:   Penuh Sejarah, Berikut 4 Tempat yang Menjadi Saksi Bisu G30S/PKI

Sekitar 30% orang dewasa memiliki masalah mengenai kualitas tidurgangguan dari layar ponsel yang masih saja digenggam dan dimainkan hingga larut malam, tingkat stres yang tinggi pada masyarakat modern, sampai dengan hiruk pikuknya kehidupan metropolitan, semua berpengaruh pada menurunnya kualitas tidur.

  1. Awet muda

Sudah cukup banyak riset yang menghubungkan ketenangan dengan perlambatan penuaan pada otak, karena penurunan tingkat stres dan kualitas tidur yang membaik, dalam jangka panjang akan turut serta merawat otak untuk terus fokus, fleksibel dan rileks. Tentu saja, faktor gaya hidup lainnya seperti pola makan sehat, olahraga dan selalu melatih otak untuk berpikir juga sangat penting, tapi, meditasi bisa membantu menjembatani proses untuk selalu membuat pikiran kita tenang dan tentram.

Nah, itulah beberapa manfaat dari ketenangan. mari kita semua menciptakan ketenangan kita sendiri. *** ( Adam Muhammad Syahyar )