Kobe Bryant, Mengenang Kehidupan Legenda NBA yang Hidupnya Berakhir Tragis

APA DAN SIAPA – Kobe Bryant adalah salah satu nama besar di dunia basket. Sebagian orang bahkan sudah menyematkan status ‘legenda’ untuk Kobe Bryant. Dia bahkan dianggap sebagai salah satu pemain basket terhebat sepanjang masa.

Berposisi sebagai shooting guard, Kobe Bryant merupakan pemain yang telah berkiprah bersama tim Los Angeles Lakers dalam liga National Basketball Association (NBA) selama 20 tahun.

Kobe Bryant lahir dengan nama lengkap Kobe Bean Bryant pada tanggal 23 Agustus 1978. Kobe adalah anak bungsu dari tiga bersaudara dan anak laki-laki satu-satunya dari pasangan Pamela Cox dan mantan pemain NBA, Joe Bryant. Selain itu, Kobe juga merupakan sepupu dari pemain NBA John ‘Chubby’ Cox.

Baca Juga:   Ini 2 Gelar Baru Yang Dinobatkan Kepada Pangeran William

Kobe sempat beberapa kali pindah rumah sejak ayahnya pensiun dari liga NBA. Saat itu, usianya baru enam tahun.

Motivasi utama Kobe bermain basket muncul setelah menyaksikan video-video pertandingan NBA yang rutin dikirimkan oleh kakeknya. Kecintaannya pada basket juga tumbuh karena menonton film animasi Eropa tentang olahraga basket yang sering ditontonnya.

Karier basket Kobe semakin cemerlang selama bersekolah di Lower Merion High School. Bahkan, Kobe menerima berbagai penghargaan untuk penampilannya yang luar biasa, seperti Naismith High School Player of the Year, Gatorade Men’s National Basketball Player of the Year, McDonald’s All-American, Parade All-American, dan USA Today All-USA Team.

Baca Juga:   Kilas Sejarah DN Aidit dan Tokoh Lainnya dalam Peristiwa Kelam G30S PKI

Kemudian saat usianya baru 17 tahun, Kobe memutuskan untuk terjun ke liga NBA, menjadikannya pemain keenam dalam sejarah NBA yang melakukannya.

Kobe debut sebagai pemain NBA dalam pertandingan Summer Pro League di Long Beach, California. Sebagai pemain baru dari rentang waktu 1996-1997, Kobe menghabiskan sebagian besar waktunya duduk di bangku cadangan. Baru di tahun 1998-1999, Kobe muncul sebagai guard utama dalam liga.

Dengan permainan kombinasi antara Kobe dan Shauille O’Neal, Los Angeles Lakers meraih gelar juara berturut-turut di tahun 2000, 2001, dan 2002.

Pada tanggal 26 Januari 2020, Kobe bersama anak keduanya bernama Gianna, enam orang kerabatnya, serta seorang pilot bernama Ara Zobayan, tewas dalam tragedi kecelakaan helikopter di Calabasas, California.

Baca Juga:   Ratusan Juta Orang Saksikan Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Ketika itu, Kobe dalam perjalanan ke Bandara Camarillo untuk menonton pertandingan basket yang diselenggarakan di Mamba Sports Academy, Thousand Oaks, California. Diduga karena awan yang tebal, pilot Ara Zobayan kehilangan kendali hingga helikopter menabrak sisi gunung di Calabasas dan langsung terbakar.

Kobe dan anaknya, Gianna, dimakamkan pada tanggal 7 Februari 2020 di Pacific View Memorial Park, Corona del Mar, California. Upacara peringatan pun diselenggarakan pada tanggal 24 Februari di Staples Center, Los Angeles.

Kepergian Kobe merupakan pukulan telak bagi para pemain serta penggemar NBA. Untuk menghormatinya, banyak liga NBA yang melakukan penghormatan terlebih dahulu sebelum memulai pertandingan.

Editor: Faliq Taufiq