Panic Attack Dan Anxiety Attack Merupakan Dua Hal Yang Berbeda? Simak Penjelasan Berikut

APA DAN SIAPA – Panic attack dan anxiety attack merupakan dua hal yang berbeda walaupun keduanya sama tetapi dalam hal ini keduanya memiliki perbedaan, kecemasan sering dipicu oleh stressor tertentu dan terbentuk secara bertahap. Di sisi lain serangan panic terjadi secara tidak terduga dan tiba tiba

Serangan panik dan kecemasan mungkin terasa serupa, dan mereka memiliki berbagai gejala emosional dan fisik.

Baca Juga:   4 Kegiatan Produktif yang Bikin Weekend Jadi Lebih Berati

Anda dapat mengalami kecemasan dan serangan panik secara bersamaan.

Misalnya, Anda mungkin mengalami kecemasan berlebihan di situasi yang berpotensi menimbulkan stres, seperti presentasi penting di tempat kerja. Ketika situasinya tiba, kecemasan dapat berujung pada serangan panik.

Mungkin sulit membedakan keduanya, maka dari itu perlu diketahui apakah kecemasan atau serangan panic yang kita rasakan ingatlah hal-hal berikut :

Baca Juga:   Jenis Kopi Asli Indonesia Ini Sudah Mendunia, Yuk Kita kenali

Penyebab: Kecemasan biasanya terkait dengan sesuatu yang dianggap membuat stres atau mengancam. Serangan panik tidak selalu disebabkan oleh stresor. Mereka paling sering terjadi secara tiba-tiba.

Tingkat kesusahan: Kecemasan bisa ringan, sedang atau berat. Misalnya, kecemasan mungkin terjadi di benak Anda saat Anda menjalani aktivitas sehari-hari. Serangan panik, di sisi lain, sebagian besar melibatkan gejala yang parah dan mengganggu.

Baca Juga:   Cara Mudah Download Mp3 Tiktok Sound Viral Tanpa Watermark

Fight-or-flight: Selama serangan panik, respons fight-or-flight otonom tubuh mengambil alih. Gejala fisik seringkali lebih intens daripada gejala kecemasan.

Kecepatan timbulnya: Meskipun kecemasan dapat meningkat secara bertahap, serangan panik biasanya datang secara tiba-tiba.

Editor: Faliq Taufiq