Pemerintah Subsidi Motor Listrik, Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

APA DAN SIAPA – Pemerintah Indonesia berencana memberikan subsidi untuk pembelian motor listrik kepada masyarakat. Subsidi yang akan diberikan bernilai sekitar 6,5 Juta Rupiah per unitnya.

Hal tersebut ditujukan agar harga motor listrik jauh lebih terjangkau di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, perencanaan subsidi berharap segera terealisasikan guna meringankan masyarakat dalam membeli produk motor listrik.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan bahwa insentif dibutuhkan untuk mengembangkan industri motor dan mobil listrik di Indonesia.

Pemerintah berambisi memproduksi motor listrik mencapai 1,2 juta unit dan mobil listrik sebanyak 75.000 unit pada tahun 2024. Subsidi yang dicanangkan pemerintah tentunya akan memberikan dampak positif bagi perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia.

Baca Juga:   PLN Berhasil Terangi 370 Dusun Terpencil di Jawa Barat

Upaya pemerintah dalam penggunaan motor listrik di kalangan masyarakat bukanlah tanpa sebab. Dengan penggunaan kendaraan listrik, pengeluaran untuk keperluan transportasi khususnya bagi bahan bakar pun bisa dikurangi.

Dibalik itu semua, inilah kelebihan serta kekurangan yang dimiliki dari produk motor listrik yang diperjualbelikan saat ini.

Kelebihan

Pertama, sumber energi yang digunakan dalam produk ini memakai listrik yang tersimpan pada baterai, sehingga tidak menghasilkan emisi gas. Bentuk nyata untuk melindungi lingkungan dari polusi udara akibat emisi gas yang dihasilkan kendaraan berbahan bakar minyak.

Baca Juga:   Windah Basudara Hasilkan 338 Juta Dalam 3 Jam untuk Penggalangan Dana

Selanjutnya yaitu biaya penggunaan motor listrik diperkirakan jauh lebih murah dari motor konvensional. Terhitung bisa 2,3 kali lipat lebih murah dari penggunaan motor berbahan bakar bensin.

Ketiga ialah menghindari kebisingan dari suara motor itu sendiri. motor listrik dikembangkan sedemikian rupa hingga tidak mengeluarkan suara bising sedikit pun. Membuat kenyamanan saat berkendara lebih terjamin.

Terakhir yaitu sistemasi perawatan motor listrik akan jauh lebih sederhana. Konstruksi motor listrik tentunya berbeda dengan motor biasa dan hal tersebut menjadikan perawatannya lebih mudah.

Kekurangan

Karena sumber energi utamanya itu listrik, maka isi ulang energi tersebut haruslah pada tempat yang profesional menyediakan energi listrik berkapasitas tinggi. Dan hal tersebut belum tersedia secara massal di seluruh wilayah Indonesia dan terbilang masih minim keberadaannya.

Baca Juga:   Begini Pengakuan Selebgram Denise Chariesta Jadi Selingkuhan Suami Host Terkenal

Lalu masalah kedua adalah tempat pemeliharaan motor listrik atau bengkel yang biasa digunakan untuk memperbaiki kerusakan motor masih jarang ditemui. Serta, ketersediaan suku cadang mesin yang masih terbatas.

Selain itu juga, kekurangan yang dimiliki motor listrik ialah jumlah daya angkut masih terbatas. Karena penggunaan motor listrik belum begitu banyak sehingga beberapa merk motor listrik tidaklah memiliki daya angkut yang cukup besar.

Editor: