Pesona Keindahan Gunung Geulis di Jajaran Bukit Barisan Baleendah Kabupaten Bandung

APA DAN SIAPA – “Bandung dilingkung gunung”, atau Bandung dikelilingi oleh gunung, sebuah istilah yg sudah sangat populer sejak dahulu. Ratusan gunung di sebelah utara, timur, barat, dan selatan laksana benteng alam yg menjaga kawasan Bandung Raya. Di utara ada Gunung Tangkuban Parahu, di timur ada Gunung Manglayang dan Gunung Mandalawangi, di selatan ada Gunung Malabar dan Gunung Patuha, di barat ada gugus Pegunungan Soreang, Cililin, serta Karst Padalarang yang membentang dan membenteng .

Di antara gunung-gunung itu, Gunung Geulis mempunyai puncak tertinggi, yakni 1.154 Meter di atas permukaan laut (Mdpl) menurut menurut peta RBI (Rupa Bumi Indonesia) skala 1:25.000 yang dikeluarkan oleh BIG (Badan Informasi Geospasial).

Baca Juga:   Harga Minyak Goreng Makin Turun Jadi Rp 12.000

Dengan demikian, Gunung Geulis pantas menjadi salah satu tempat untuk melakukan pengamatan pemandangan pegunungan yang mengelilingi Bandung Raya. Selain itu, puncak gunung ini cocok juga untuk mengamati dan menikmati kawasan cekungan Bandung yang dahulunya merupakan sebuah danau purba.

Secara administratif, bukit barisan Gunung Geulis Baleendah ini berada di perbatasan antara Kecamatan Arjasari dan Kecamatan Baleendah. Tepatnya di daerah kaki gunung yang berada di kecamatan Arjasari antara lain Desa Wargaluyu, Desa Pinggirsari, dan Desa Patrolsari. Sedangkan di Kecamatan Baleendah Desa Manggahang, dan Desa Jelekong.

Gunung Geulis diambil dari bahasa Sunda yang berarti “cantik”, “indah”, “elok”. Bukit-bukit yang memanjang 8 kilometer ini semuanya terlihat satu garis, sedangkan Gunung Geulis Baleendah menjulang tinggi, dengan ketinggian 1154 Meter di atas permukaan laut.

Baca Juga:   Fakta Menarik Dalam Fim Pamali Yang Tayang di Bioskop

Gunung ini mempunyai daya tarik bagi yang melihatnya, membuat orang penasaran ingin mengunjunginya. Salah satunya adalah Rio (20) mengatakan bahwasanya situs gunung geulis memiliki suasana unik tersendiri yang tidak ia dapatkan saat mendaki gunung-gunung lainnya yang ada di Bandung.

“Terasa beda banget sih ya kalau misal dibandingkan, apalagi di gunung geulis ini kita benar-benar seolah melihat kota Bandung secara 360 derajat gitu, seolah kita lagi ada di puncaknya Bandung.” Ujar Rio.

Nah meskipun menyimpan keindahan, siapa sangka struktur bukit barisan sendiri dapat membahayakan dalam radis tertentu lho.

Baca Juga:   Fenomena Gerhana Bulan Total 8 November 2022, Hingga Hujan Meteor

Bukit barisan Baleendah ini di dominasi oleh bebatuan, karena tadi menurut ahli geologi, hamparan pegunungan Bukit Barisan ini adalah lava andesit.

Lava andesit merupakan lava yang memiliki komposisi antara basalt dan rhyolite atau sering disebut juga intermediate.

Maka dari itu bukit barisan baleendah ini dimanfaatkan untuk penambangan pasir dan batu.

Sehingga bukit barisan Baleendah yang membentang kurang lebih 8 kilometer ini membuat ancaman bencana terhadap masyarakat jika kondisinya semakin memprihatinkan.

Meskipun demikian, Gunung geulis yang berada di bukit barisan baleendah tetap menjadi destinasi wisata yang cocok untuk anda khusunya yang memiliki hobi untuk mendaki dan menikmati keindahan alam untuk datang ke situs Gunung Geulis ini.

Editor: