Putra Mahkota Saudi Mohammed Salman Sah Jadi PM, Raja Salman Segera Lengser

APADANSIAPA – Putra Mahkota Saudi Mohammed Salman sah diangkat menjadi Perdana Menteri (PM). Sebelumnya beliau juga telah menjadi penguasa de fakto Arab Saudi, penghasil minyak terbesar di dunia sekaligus sekutu utama AS di Timur Tengah.

Dilansir dari AFP Rabu (28/9/2022), keputusan kerajaan soal pergantian posisi pemerintahan itu diumumkan pada Selasa (27/9) malam waktu setempat. Keputusan itu diterbitkan oleh Saudi Press Agency.

Baca Juga:   Kerusakan TIC situs Gunung Padang Akibat Gempa Cianjur

Menurut Mbs, kerajaan telah menaikkan swasembada di industry militer dari 2 menjadi 4 persen dan berencana mencapai 50 persen dibawah kepemimpinan menhan yang baru.

Sementara itu, menurut dekret Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, Menteri Keuangan Mohammed Al-Jaddan dan Menteri Investasi Khalid Al-Falih masih menduduki posisinya.

Baca Juga:   Ganti Pemangku kebijakan, Ganti kurikulum pendidikan

Keputusan tersebut merupakan bagian dari perombakan yang dilakukan Raja Salman di jajaran cabinet. Pangeran Mohammed sendiri telah berada di urutan pertama untuk menggantikan ayahnya sebagai raja sejak 2017.

Sebagaimana dilansir AFP, Arab Saudi telah bertahun-tahun berusaha meredam spekulasi mengenai kesehatan raja berusia 86 tahun. Penjaga situs paling suci Islam tersebut menjadi penguasa pada 2015 setelah menghabiskan lebih dari 2,5 tahun sebagai putra mahkota.

Baca Juga:   Ini Merupakan Stress Language Cewek, Kamu Nomor Berapa Nih?

Menurut media pemerintah, Raja Salman sendiri telah dirawat di rumah sakit dua kali pada tahun ini. Salah satunya ialah pada bulan Mei lalu yang melibatkan tes termasuk kolonoskopi.***Hilmi Putriyanti***

Editor: Faliq Taufiq