Sejarah Dan Hubungan Hari Jomblo Sedunia Dengan Hari Belanja Online Terbesar Di Dunia

APA DAN SIAPA – Tahukah anda, tanggal 11 November tidak hanya diingat sebagai kesempatan masyarakat untuk mendapatkan diskon dari berbagai platform belanja media sosial saja, tetapi juga diperingati sebagai Hari Jomblo Sedunia.

Dalam moment ini, banyak yang menggunakan tanggal cantik ini untuk menjadi momentum spesial seperti pernikahan, lamaran, hingga merencanakan kelahiran anak.

Namun di balik semua fakta tersebut, Singles Day atau Hari Jomblo sebenarnya merupakan hari libur bagi masyarakat Cina. Hal ini dimaksudkan agar para masyarakat yang masih lajang mengapresiasi dirinya sendiri sebagai orang lajang.

Baca Juga:   Struk Belanja Jangan Dibuang, Pakai Aplikasi Ini Bisa Dapatkan Uang

Nama ‘Singles Day’ merupakan versi bahasa Inggris dari Guanggun Jie. Secara harfiah dapat diartikan sebagai single sticks day, sebuah permainan kata-kata yang berada di Cina dengan tampilan tanggal 11/11.

Pemilihan 11 November sebagai Hari Jomblo dikarenakan angka 11/11 terlihat seperti empat tongkat tunggal yang dirangkai. Mereka mencoba untuk memanfaatkan momen ini sebaik mungkin.

Baca Juga:   Bertahun-tahun Menunggu, Sekuel Avatar: The Way of Water Tayang 16 Desember 2022

Peringatan ini dengan cepat berkembang menjadi hari libur tidak resmi. Seluruh orang lajang di Cina menikmati harinya dengan makan malam yang menyenangkan dan membelanjakan barang-barang yang tidak akan mereka beli untuk diri sendiri.

Karenanya pada tahun 2000-an, sebuah perusahaan e-commerce di China yaitu Alibaba mentransformasi Single’s Day menjadi hari belanja online. Sejak saat itu, masyarakat Negeri Tirai Bambu merayakan Single’s Day dengan melakukan belanja online.

Baca Juga:   Khusus Buat Para Maba, Ini Tips Untuk Mahasiswa Baru yang Wajib Kamu Tahu

Kini selain dikenal jadi Hari Jomblo Sedunia, 11 November pun juga dikenal dengan hari belanja online terbesar di dunia.***Hilmi Putriyanti***

Editor: