Sempat Kebakaran: Begini Sejarah Balai Kota Bandung, Dulunya Gudang Kopi

APA DAN SIAPA – Seperti yang kita ketahui, sebelumnya diberitakan bahwa terjadi kebakaran di Balai Kota Bandung pada hari Senin, 7 November 2022.

Balai Kota Bandung merupakan bangunan administratif utama bagi pemerintahan kota Bandung yang terletak di Jalan Wastukancana No. 2 Bandung.

Pada Balai Kota Bandung terdapat komplek perkantoran pemerintahan Kota Bandung.

Menurut catatan sejarah, Balai Kota Bandung dulu dikenal dengan nama Gedung Kopi (Koffie Pakhuis). Gedung ini merupakan gudang hasil pertanian dan fasilitas pengemasan Kopi milik Andries de Wilde, pemilik tanah pertama di kawasan Priangan.

Baca Juga:   Minum Air Hangat Setiap Pagi Ternyata Banyak Manfaat

Seperti yang dikutip dari buku Gemeente huis (Balaikota) Bandung dan sekitarnya dari masa ke masa : Bandung baheula jeung kiwari karya Sudarsono Katam, Gemeente huis (Balai Kota) Bandung adalah salah satu bangunan bernilai sejarah dan memiliki nilai arsitektur klasik yang tinggi di Kota Bandung pada masanya.

Baca Juga:   Bawang Merah Turunkan kadar Gula Darah, Begini Menurut Para Ahli

Sebelum dibangun menjadi Gemeente huis, bangunan ini merupakan gudang Kopi milik Asisten Residen wilayah Priangan pada waktu itu.

Taman Merdeka (Taman Dewi Sartika) yang dulunya merupakan kompleks perkantoran Pemkot Bandung, kini menjadi taman yang asri dengan pepohonan rindang yang banyak dijadikan tempat bersantai oleh warga kota.

Sejak kepemimpinan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Balai Kota Bandung mulai membenahi taman dan fasilitas yang ada di Balai Kota. Hal ini agar Balai Kota Bandung dapat dinikmati secara gratis oleh warga yang hendak berkunjung.

Baca Juga:   Penuh Sejarah, Berikut 4 Tempat yang Menjadi Saksi Bisu G30S/PKI

Ada berbagai fasilitas umum yang dapat dinikmati dan dimanfaatkan bagi warga yang berkunjung di Balai Kota Bandung. Beberapa fasilitas tersebut seperti taman labirin, kolam ikan dan air mancur, hingga kolam mandi anak-anak.***Hilmi Putriyanti***

Editor: