Sepuluh Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

APA DAN SIAPA – Tahukah kamu, daun kelor yang biasa kita dengar sebagai tumbuhan mistis ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat luarbiasa bagi tubuh.

Berikut sepuluh manfaat dari daun kelor untuk kesehatan, yang perlu kamu ketahui:

  1. Mengatasi Kanker

Daun kelor memiliki kemampuan dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker, yang membuatnya berguna dalam membantu kemoterapi lebih efektif.

Studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan dalam edisi Juni 2011, menyebutkan ekstrak kalor dapat mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker sehingga daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegah kanker alami.

2. Mengatasi Diabetes

Sifat anti diabetes dari daun kelor berasal dari tingginya seng yaitu, mineral yang diperlukan untuk produksi insulin. Daun kelor juga mengandung asam klorogenik yang telah terbukti dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Baca Juga:   Resmi Rilis di Indonesia, Ini Harga Promo Infinix Zero Ultra dan Zero 20

Serta memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa sesuai kebutuhan. Sebuah penelitian mengatakan dengan mencampur 50 gram daun kelor ke dalam makanan dapat mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21%.

3. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Minyak biji kelor mengandung sejumlah antioksidan serta protein yang mampu menjaga sel-sel Rambut dari kerusakan akibat radikal bebas, serta membuatnya menjadi bersih dan sehat. Selain itu minyak biji kelor juga dapat membantu mengobati luka pada kulit.

4. Menjaga kesehatan Tulang

Daun kelor mengandung kalsium serta fosfor yang mampu menjaga kesehatan tulang serta memiliki efek anti inflamasi yang berfungsi dalam mencegah terjadinya radang sendi.

5. Mengatasi Tekanan darah Tinggi

Daun kelor mengandung isothiocyanate dan niaziminin, yaitu senyawa yang berperan dalam menghentikan penebalan dinding arteri, sehingga tekanan darah dapat kembali normal.

Baca Juga:   Struk Belanja Jangan Dibuang, Pakai Aplikasi Ini Bisa Dapatkan Uang

6. Melancarkan Perencanaan

Daun kelor mengandung kalsium dan serat yang dapat berkontribusi besar terhadap kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh.

7. Mengatasi Infeksi Bakteri

Sifat antibiotik dan antibakteri dari kelor dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai virus, kandungan vitamin B yang tinggi pada daun kelor juga dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan.

Ekstra dalam kalor juga dipercaya dapat membantu meredakan infeksi yang terjadi akibat bakteri. Daun kelor mengandung bahan yang bersifat antimikrobial sehingga mampu memusnahkan bakteri terutama bakteri dari jenis gram positif yaitu, bakteri yang mempertahankan zat warna kristal violet sewaktu proses pewarnaan.

8. Baik Untuk Otak

Sebuah penelitian mengatakan bahwa daun kelor merupakan salah satu adaptogen alami yang memiliki kemampuan dalam melindungi tubuh dari efek toksik yang dipicu oleh stres.

Baca Juga:   Lima Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

9. Baik Untuk Mata

Daun kelor mengandung sifat memperbaiki penglihatan, karena tingkat antioksidan yang tinggi. Daun kelor memiliki kandungan vitamin A lebih tinggi dibandingkan wortel, juga dapat menghentikan pelebaran pembuluh retina, mencegah penebalan membran kapiler dan menghambat difusi retina.

10. Baik Untuk Ibu Menyusui

Daun kelor juga dapat digunakan untuk membantu memperbanyak produksi ASI. Daun kelor merupakan daun yang berasal dari pohon melinjo Olivera yang memiliki banyak kandungan nutrisi Baik mineral vitamin dan lainnya.

Kandungan flavonoid pada daun kelor dapat membantu membuat produksi ASI menjadi melimpah manfaat daun kelor untuk Ibu menyusui, dapat memperbanyak produksi ASI. Hal tersebut sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah Baik di dalam maupun di luar negeri.

Demikian sepuluh manfaat daun kelor bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.***Hilmi Putriyanti***

Editor: Faliq Taufiq