Sering Diperingati, Berikut Asal Usul Halloween yang Dirayakan Setiap Tanggal 31 Oktober

APA DAN SIAPA – Halloween dirayakan setiap tanggal 31 Oktober. Sebagian masyarakat di dunia pun ikut merayakannya, misalnya dengan pesta kostum.

Asal usul halloween banyak dicari masyarakat karena secara umum dikenal sebagai perayaan dengan konsep hantu atau horor. Berikut penjelasan seputar asal usul halloween.

Tradisi Halloween di Barat sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Perayaan Halloween ini juga berarti akhir musim panas dan festival ini menandai penutupan musim panen dan datangnya musim dingin.

Baca Juga:   Selain Kaya Vitamin, Lidah Buaya Punya Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Rambut

Hari Halloween berasal dari festival Celtic kuno Samhain. Yakni ketika orang-orang menyalakan api unggun dan mengenakan kostum untuk mengusir hantu.

Selama perayaan, bangsa Celtic mengenakan kostum yang biasanya terdiri dari kepala dan kulit binatang. Mereka juga saling menceritakan nasib satu sama lain.

Baca Juga:   Hati-hati, Dry Shampoo Bisa Bikin Rambut Rusak Hingga Kanker

Ketika perayaan selesai, mereka menyalakan kembali api yang telah mereka padamkan sebelumnya malam itu. Api itu dianggap suci dan bisa membantu melindungi mereka selama musim dingin yang akan datang.

Pada abad kedelapan, Gregorius III menetapkan 1 November sebagai Hari Semua orang Kudus, atau Hari Semua orang Suci, yang menggabungkan beberapa tradisi Samhain. malam sebelum All Saints dikenal sebagai Hallow’s Eve, umumnya dikenal hari ini sebagai Halloween.

Baca Juga:   Terlalu Banyak Bermain Sosial Media Bisa Merusak Mental

Seiring waktu, Halloween berkembang menjadi hari berbagai kegiatan, seperti trik-or-treat dan mengukir labu atau jack-o-lantern. Ada juga yang menyelenggarakan pesta mewah dengan berdandan dengan pakaian yang berbeda saat makan.

Nah itu tadi penjelasan Hari Halloween. Semoga bermanfaat*Hilmi Putriyanti***

 

Editor: