Siap-siap, Cukai Rokok Bakal Naik 10% di Tahun 2023 dan 2024

APA DAN SIAPA – Kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) untuk rokok sebesar 10 persen di tahun 2023 dan 2024 telah di putuskan pemerintah.

Dilansir dari laman Kementerian Sektertariat Negara Republik Indonesia, Menteri keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa kenaikan tarif CHT pada golongan sigaret kretek mesin (SKM), sigaret kretek pangan (SKP), dan sigaret putih mesin (SPM) akan berbeda dengan golongannya.

Baca Juga:   Erick Thohir Cek Langsung Kesiapan PLN Layani KTT G20

“Rata-rata 10 persen, nanti akan ditunjukkan dengan SKM I dan II yang nanti rata-rata meningkat antara 11,5 hingga 11,75 (persen), SPM I dan SPM II naik di 12 hingga 11 persen, sedangkan SKP I, II, dan III naik 5 persen,” ucap Sri Mulyani.

Baca Juga:   Gletser Kiamat di Antartika Mencair Lebih Cepat, Begini Kekhawatiran Publik

Kenaikan tarif juga tidak hanya berlaku untuk CHT, namun juga bagi rokok elektrik yang naik kisaran 15 persen dan produk hasil pengolahan hasil tembakau lainnya sekitar 6 persen.

Pemerintah dalam penetapan CHT mempertimbangkan empat aspek, seperti aspek pengendalian konsumsi, aspek keberlangsungan tenaga kerja, aspek penerimaan negara, dan pengawasan barang cukai illegal.

Baca Juga:   Trending Di Twitter Minuman Es Teh Indonesia Terlalu Manis, Begini Kata Pakar

Kenaikan tarif cukai berlangsung selama lima tahun ke depan untuk rokok elektrik dan produk hasil pengolahan hasil tembakau lainnya.***

Editor: