Upaya Lestarikan Lingkungan Agar Terhindar dari Kerusakan dan Bencana Alam

APA DAN SIAPA – Menjaga lingkungan alam dan mencegah kerusakannya merupakan tanggung jawab semua manusia. Alam yang indah perlu dicintai sehingga perlu dijaga dan jangan sampai merusaknya. Alam sendiri merupakan ciptaan Tuhan yang perlu dilestarikan.

Merusak lingkungan alam adalah suatu tindakan tercela, karena dengan begitu akan ada akibat yang didapat seperti bencana alam. Pada kenyataannya banyak manusia di bumi ini memanfaatkan kekayaan alam dengan serakah. Seperti hutan yang gundul merupakan salah satu contoh kerusakan alam akibat ulah manusia yang menebang pohon secara liar. Menjaga alam dimulai dengan Menjaga lingkungan sekitar, seperti rumah, taman, sungai, dan berbagai lanskap bumi lainnya.

Lingkungan harus selalu dijaga agar terhindar dari penyakit dan bencana alam akibat ulah manusia itu sendiri. Peran manusia sangat penting untuk keberlangsungan alam sekitar. Karena, sebagian besar manusia di bumi ini sangat bergantung dari Alam, seperti bergantung pada air, oksigen, sayur-sayuran, dan pepohonan. Dengan demikian kegiatan melestarikan lingkungan alam harus dilakukan oleh semua orang untuk Menjaga ketersediaan sumber dayanya. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk Menjaga kelestarian lingkungan alam dengan baik :

1. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Saat ini sampah menjadi masalah utama yang cukup besar yang harus dihadapi dalam upaya melestarikan lingkungan. Penumpukan sampah membuat lingkungan kotor dan menimbulkan bau yang cukup menyengat, menyebabkan berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan manusia di sekitarnya.

Baca Juga:   4 Kegiatan Produktif yang Bikin Weekend Jadi Lebih Berati

Sampah yang dibuang sembarangan tidak pada tempatnya bisa saja masuk ke dalam saluran air dan menutup selokan, menyebabkan air tidak mengalir dan tersumbat oleh banyaknya sampah yang menumpuk. Dampaknya bagi lingkungan akan menyebabkan bencana banjir yang dapat merugikan manusia.

Oleh sebab itu, Menjaga kebersihan sangatlah penting seperti hal yang paling kecil bisa dengan membuang sampah pada tempatnya. Karena, dengan begitu sampah tidak akan berceceran di jalan yang nantinya bisa menghambat saluran pembuangan air.

2. Mengurangi Penggunaan Plastik

Sampah plastik masih menjadi salah satu penyumbang salah satu polusi terbesar di lautan, yang menyebabkan berbagai kerusakan bagi makhluk hidup di dalamnya. Sampah plastik sendiri memerlukan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai yakni antara 20 hingga 500 tahun.

cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik yakni bisa dengan menggunakan tas belanja, dan alat makan yang bisa di daur ulang. Apabila plastik terus digunakan untuk keperluan sehari-hari maka kontribusi seseorang untuk mencemari lingkungan akan terus meningkat.

3. Melaksanakan Sistem Tebang Pilih

Baca Juga:   Wajib Coba Nih, 4 Wisata Kuliner Malam Bandung yang Ramah Di Kantong

Menebang pohon secara liar akan menyebabkan bencana alam di kemudian hari seperti banjir, longsor dan sebagainya. Apabila membutuhkan bahan-bahan yang berasal dari pohon seperti kayu, bisa dengan melakukan sistem dengan cara tebang pilih. cara tersebut dilakukan untuk melestarikan hutan agar tetap terjaga dan tidak menimbulkan masalah serius di masa yang akan datang.

4. Melakukan Reboisasi (Penghijauan)

Melakukan reboisasi atau penghijauan bertujuan untuk melestarikan hutan kembali yang sudah gundul. Dengan melakukan reboisasi dapat mengurangi polusi udara dan mencegah banjir serta tanah longsor.

Dimana jumlah hutan di dunia yang sangat ini semakin berkurang mengakibatkan ekosistem menjadi tidak seimbang, kepunahan hewan dan tumbuhan, bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, pemanasan global dan masih banyak lagi bencana alam yang disebabkan oleh kurangnya jumlah hutan yang ada.

5. Membangun Terasering

cara yang bisa dilakukan untuk Menjaga alam yaitu bisa dengan membangun terasering dengan menanam berbagai macam pohon di daerah yang memiliki permukaan tanah yang miring untuk menghindari terjadinya tanah longsor yang bisa merugikan manusia.

6. Tidak Menggunakan Energi Secara Berlebihan

Pemanasan global yang terjadi saat ini merupakan akibat dari ulah manusia karena adanya gas rumah kaca yang menyerap langsung panas matahari di Bumi. Gas rumah kaca seperti gas karbon dioksida, metana, freon dan nitrogen dioksida yang datang akibat penggunaan energi oleh manusia. Seperti gas freon yang dihasilkan dari penggunaan seperti kulkas dan Ac.

Baca Juga:   Catat! Jadwal dan Harga Tiket Konser Arctic Monkeys di Jakarta

cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggunaan energi, seperti menggunakan transportasi umum, mengurangi pembuangan asap kimia ke lingkungan, tidak membakar sampah di luar lingkungan, dan menghemat pemakaian listrik. cara tersebut dilakukan untuk Menjaga lingkungan agar terhindar dari bencana alam.

7. Tidak Membuang Bahan Kimia Ke Sungai

Membuang bahan kimia di aliran sungai akan menyebabkan aktivitas ekosistem yang ada sungai menjadi rusak dan tercemar. Selain itu limbah yang dibuang di aliran sungai nantinya akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan menghilangkan keindahan ekosistem yang ada di sungai. Dengan begitu, sangat dilarang dan semaksimal mungkin menghindari membuang limbah ke aliran sungai.

cara diatas sangat penting untuk dilakukan agar kelestarian lingkungan alam bisa terus terjaga. Manusia akan jauh lebih sadar bahwa alam merupakan suatu hal yang paling penting untuk keberlangsungan makhluk hidup. Alam sendiri bisa diibaratkan rumah yang paling bermanfaat bagi kehidupan manusia yang ada di bumi ini. ***Indah Shabrina

Editor: Faliq Taufiq