Yuk Mengenal Tiga Manfaat Kurma Yang Baik Untuk Kesehatan

APA DAN SIAPA — Kurma selain alternatif cemilan manis yang baik untuk kesehatan juga mengandung serat tinggi dan magnesium. Kandungan kalium pada kurma lebih banyak daripada pisang. Kurma juga kaya akan zat besi.

Dilansir dari buku Quranic Food karya Mohammad Shaikh, kurma paling sering disebut dalam Al-Qur’an, tepatnya 20 kali. Dalam 8 kasus kurma disebutkan sendiri dan sisanya kurma dikelompokkan dengan buah-buahan lainnya seperti zaitun, anggur, dan delima. Kurma bahkan mendapat julukan pohon surga.

Baca Juga:   Kembali Tayang di Layar Kaca Indonesia, Begini Sinopis Film Sicario

Kurma ini terdiri dari berbagai lemak, gula, vitamin, dan mineral, yang tubuh kita butuhkan. Orang Arab memakan kurma dengan madu sehingga manfaatnya lebih banyak.

Nah, beberapa manfaat kurma ini di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menguatkan Otot
Menguatkan otot selama bulan-bulan terakhir kehamilan. Kurma memiliki manfaat ganda, mampu memperkuat otot rahim dan juga jantung yang lemah. Kurma mudah dicerna karena kaya akan serat. Penelitian menunjukkan kurma mampu memerangi penyakit perut tertentu, termasuk kanker perut.

Baca Juga:   Khasiat Rambut Jagung Memang Luar Biasa, Begini Penjelasannya

2. Kaya Akan Vitamin
Kaya akan vitamin, mineral, dan unsur lain yang diperlukan. Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia. Misalnya, kalsium yang merupakan unsur penting untuk tulang, dan kurma menyediakan nutrisi ini dalam jumlah yang cukup. Ibu menyusui dianjurkan untuk makan kurma, karena bayi akan mendapat banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Baca Juga:   Sinoposis Big Mouth Episode 15, Catat Jam Tayangnya di Disney Hotstar

3. Sebagai Obat
Efek positif kurma lainnya, yaitu mengobati sembelit, mencegah rabun ayam, dan meningkatkan kesehatan mata.

Nah, itu tadi manfaat kurma yang baik untuk kesehatan kita jika dikonsumsi secara teratur. (***)

Editor: Denny Suryadharma